✨ SUNO AI MAKIN GILA ✨ BISA PAKAI SUARA SENDIRI DAN SUARA VOKALIS IDOLAMU 🔥⚡️ AI MUSIC ⚡️🔥

 

✨ SUNO AI MAKIN GILA ✨ BISA PAKAI SUARA SENDIRI DAN SUARA VOKALIS IDOLAMU 🔥⚡️ AI MUSIC ⚡️🔥

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ketemu lagi di channel Tutor Plus. Semoga teman-teman sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Oke, kali ini saya akan membagikan informasi yang cukup gila dari Suno. Makin ke sini makin gila aplikasi ini, karena update terbaru Suno memungkinkan kita mengupload audio vokal kita untuk digenerate bersama dengan musik yang kita buat di Suno. Bukan hanya itu, kita juga bisa mengkloni suara artis atau vokalis siapapun untuk dijadikan vokal di lagu yang kita buat. Ini mulai crazy. Bagaimana caranya? Yuk, kita ke tutorial.

Pertama, kita cek GPT dan buat liriknya. Saya akan buat tentang seorang gadis yang ditinggal nikah.


Langkah-langkah:

  1. Setelah menghasilkan lirik dari ChatGPT, saya sarankan teman-teman untuk tidak menggunakan mentah-mentah lirik yang digenerate di ChatGPT. Sebaiknya dibaca kembali dan diperbaiki yang dirasa kurang pas karena di ChatGPT sering mengulang kata-kata atau kalimat yang itu-itu saja dan sering saya temukan kalimat yang kurang cocok perpaduan katanya.

  2. Setelah mengedit liriknya, langsung saja kita ke Suno.

  3. Setelah masuk di Suno, teman-teman langsung klik tombol paste dan paste lirik yang sudah kita buat di ChatGPT. Judulnya kita pindahkan ke sana.

  4. Setelah itu, kita upload audionya. Minimal durasinya 6 detik dan maksimal 60 detik. Audio yang kita upload bisa berupa audio bersenandung atau vokal dari artis atau penyanyi yang ingin kita gunakan suaranya di lagu yang akan kita buat di Suno.

  5. Saya sudah menyiapkan audio dari artis atau penyanyi yang cukup terkenal di Asia, khususnya Indonesia, yaitu Siti Nurhaliza. Saya akan menggunakan suaranya untuk lagu ini. Setelah selesai upload, dia akan muncul audionya di sini.

  6. Sekarang kita tinggal klik extend dan suaranya sudah ready di sini untuk masuk dalam generate lagu yang akan kita buat. Kita tambahkan style musiknya.

  7. Saya menyarankan teman-teman jika ingin menggenerate lagu dengan vokal dari artis atau penyanyi, sebaiknya sesuaikan dengan genre yang biasa dinyanyikan oleh artis atau vokalis yang ingin kita gunakan suaranya agar kemiripannya bisa maksimal.

  8. Langsung saja kita extend.


Hasil:


Kulihat kau bahagia Di bawah langit senja Kutemukan sisa-sisa kenangan Dalam bayang-bayang yang hilang Kau tinggalkan aku dalam keraguan Kisah kita terukir di hati Namun kini hancur berantakan Kau pilih dia untuk ikatan Sedang aku terjebak dalam kenangan Mengapa kau pergi tinggalkan aku di sini sendiri Meratap pilu kepedihan ini Takkan hilang melihat kau bahagia Dengan yang lain

Bagaimana menurut teman-teman? Kalau saya, kurang lebih 80% tingkat kemiripannya dan tergantung juga hasil generate kita di Suno, karena kita tidak tahu seperti apa lagu yang akan dihasilkan.

Teman-teman bisa mencoba untuk menggenerate lagu dengan suara teman-teman sendiri. Semoga bermanfaat dan memberi informasi baru bagi teman-teman. Mohon maaf jika terdapat kekurangan. Jangan lupa tinggalkan like dan komen jika ada yang ingin ditanyakan atau di-share terkait video ini. Silakan subscribe channel-nya juga jika dirasa bermanfaat.

Sekian dulu, terima kasih. Wassalam.