Akhirnya!! ini dia AI Pembuat Video dari Teks Terbaik yang sudah kita Tunggu! Hasil Paling REALISTIS

 Setelah sekian lama menunggu AI yang dapat membuat video dari teks dengan kualitas terbaik, akhirnya datang juga! Sejauh ini, ini adalah yang paling unggul dibandingkan Pik Hyper dan Runway, meskipun Runway sebentar lagi juga akan meluncurkan Gen 3-nya yang kualitasnya juga mendekati. Namun untuk saat ini, AI yang satu ini tetap yang terbaik hasilnya menurut saya. Bagaimana tidak? Seperti yang teman-teman saksikan, ini adalah contoh video yang dihasilkannya. Gokil, bukan?

Daripada kelamaan intronya, langsung saja kita bahas. Bagi teman-teman yang belum subscribe, subscribe dulu dong! AI ini namanya adalah Luma AI. Mungkin sebelumnya sudah ada yang tahu ya, karena beberapa waktu lalu AI ini sempat bikin heboh dengan kehebatannya membuat video 3D model dari dunia nyata seperti ini. Luma AI ini baru saja meluncurkan produk terbarunya yaitu Luma Dream Machine, yang katanya bisa menghasilkan video realistis berkualitas tinggi dari teks dan gambar dengan cepat, konsisten, serta akurat.

Selain itu, model ini juga mampu menghasilkan video dari 120 frame dalam 120 detik. Ya, walaupun tidak semua gambar atau video yang dibuatnya sempurna, namun menurut saya tetap yang terbaik untuk saat ini. Untuk mencobanya, teman-teman masuk saja ke browser dan ketikkan Luma AI, lalu pilih Luma Dream Machine. Selanjutnya, klik saja 'Try Now' dan sign in menggunakan akun Google. Karena akun kita adalah akun free, maka di sini jatah kita cuma 30 kali generate per bulan, dan karena permintaan yang begitu tinggi, sekarang kita dibatasi hanya boleh menggunakan lima kali generate saja.

Tampilannya sangat sederhana, hanya ada sebuah kolom prompt dan tanda upload foto. Jadi kita juga bisa membuat video dari sebuah foto dengan memberikan sedikit prompt. Untuk yang pertama, kita akan coba membuat video menggunakan prompt saja. Di bawah sini ada sebuah ide random yang diberikan oleh Luma. Nah, sekarang kita akan coba saja ide ini dan kita akan lihat bagaimana hasilnya.

Sambil menunggu, sebagaimana yang kita ketahui, untuk hasil yang lebih baik, memang kita harus menggunakan bahasa Inggris. Oke, ini dia hasilnya. Sekarang kita akan coba lihat ya. Nice, keren banget ya. Di sini tadi prompt-nya adalah sebuah drone yang terbang di kastil Eropa. Ini sangat konsisten sekali untuk gambarnya, tidak ada yang begitu cacat dan durasinya juga bisa 4 detik. Jika teman-teman oke, tinggal di-download. Yang paling menarik, di sini teman-teman juga bisa extend dan dia akan secara otomatis memanjangkan klip ini tepat pada bagian terakhir dari klip ini.

Selanjutnya, kita akan buat dengan menggunakan prompt sendiri. Di sini saya akan mencoba membuat sebuah gambar dan menggunakan Google Translate untuk membuat prompt dalam bahasa Inggris. Oke, saya akan meminta untuk dibuatkan sebuah gambar seorang wanita berjalan di tengah kota Tokyo memakai payung di malam hari saat hujan rintik-rintik, dengan sekelilingnya gedung-gedung dengan lampu berwarna-warni. Saya rasa cukup, sekarang tinggal copy yang bahasa Inggrisnya lalu kembali ke Luma dan paste di sini. Selanjutnya, tinggal klik generate dan kita tunggu.

Oke, sudah jadi. Sekarang kita akan coba lihat hasilnya. Ya, dari sini kita bisa lihat bahwasanya untuk bagian memegang payung atau tangan memang agak susah. Sampai sekarang masih jadi bagian yang lumayan sulit, tapi untuk konsistensi bentuk karakternya sejauh ini masih oke. Bahkan untuk pergerakan berjalannya pun masih oke banget. Teman-teman juga bisa lihat di sini konsistensi lingkungan sekitar, yaitu tulisan serta animasi dan pergerakan orang-orang masih terlihat oke, bahkan rintik-rintik hujannya pun keren ya. Nah, di sini kita akan coba extend atau perpanjang durasinya. Teman-teman klik saja extend dan kita akan buat "Walking Straight and Stop Camera Orbit." Saya minta tetap berjalan lurus lalu berhenti dan posisi kamera mengorbit. Klik generate dan kembali kita tunggu.

Oke, karena sudah 16 menit berjalan namun belum juga kelihatan hasilnya, jadi kita skip saja ya untuk extend-nya. Kurang tahu penyebabnya apa, mungkin servernya kepenuhan karena terlalu banyak yang mengakses. Tapi enggak masalah, sekarang kita coba juga dengan menggunakan gambar yang sudah tersedia. Untuk itu, kita coba membuat video dari sebuah gambar yang sudah disediakan. Teman-teman tinggal klik tanda gambar untuk mengupload, dan saya pilih gambar yang ini saja yaitu anime. Untuk prompt-nya, saya minta "Cinematic Camera Movement" lalu klik generate. Sekarang kita tunggu.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya selesai juga ya, mungkin karena servernya kepenuhan tadi malam. Ini dia beberapa hasil yang sudah kita buat tadi malam, di antaranya pertama kita meng-extend video yang ini agar lebih panjang lagi dan ini adalah hasil extend-nya. Dia akan mengulang dari awal lalu pada bagian terakhir melanjutkan. Keren ya, kalau untuk movement-nya ini memang keren banget. Paling ya itu tadi, masih ada beberapa bagian yang terlihat agak aneh terutama pada bagian jari atau tangan. Untuk hasil prompt-nya sendiri masih belum pas banget. Saya minta pergerakan kamera orbit, tapi terlihat lebih follow ya. Namun untuk hasil keseluruhan, ini sudah sangat lebih baik daripada pembuat video dari teks lainnya untuk saat ini.

Yang kedua, sekarang kita lihat hasil dari foto anime yang sudah saya upload. Fotonya yang ini dan setelah kita coba memberikan prompt, inilah hasilnya. Nah, teman-teman bisa lihat, sejauh ini ini adalah AI pembuat video yang bisa membuat pergerakan sangat cepat, hanya saja untuk detailnya masih banyak yang cacat. Namun, tidak masalah menurut saya. Terakhir, kita coba satu gambar lagi. Saya akan upload sebuah gambar dan berikan prompt "badan mengeluarkan api dan pergerakan kamera secara perlahan ke karakter ini". Sekarang kita buat dan tunggu lagi, mudah-mudahan kali ini tidak lama.

Akhirnya, setelah 2 jam menunggu, videonya jadi juga. Ini lama banget, mungkin karena servernya kepenuhan. Sekarang kita lihat hasil gambar yang sudah saya upload tadi. Untuk pergerakan atau movement-nya, ini sudah sangat pas sesuai prompt. Tapi yang jadi masalah di sini adalah prompt di mana saya meminta untuk memunculkan api di badannya tidak muncul. Tidak masalah, mungkin terlalu berlebihan ya prompt-nya, tapi sejauh ini coba teman-teman lihat, detail karakternya sangat konsisten, pergerakan sangat halus, ini sangat baik sekali. Bahkan lingkungan di sekitarnya juga demikian, tidak ada perubahan yang aneh-aneh untuk video yang satu ini.

Sekarang tinggal memainkan kreativitas kita sehingga dapat menghasilkan karya atau video yang mengagumkan, yang mungkin selama ini cuma ada di dalam pikiran dan sulit diwujudkan. Dengan adanya Luma Dream Machine, video tersebut dapat kita buat dan dilihat oleh banyak orang.

Teman-teman sekalian, terima kasih sudah menyaksikan. Klik jempol ke atas jika teman-teman dapat manfaat dan suka dengan video ini, serta tonton video lainnya seputar AI di beranda channel ini. Terima kasih!